Dasar Jurnalisme
Kamis, 10 Maret 2011
Teknik Dasar Membuat Berita Profil
Berita Profil adalah bagian dari berita kisah.
Berita Kisah memiliki sifat-sifat sebagau berikut di dalam beritanya :
• Menceritakan kebenaran dengan teknik penulisan sastra
• Berisi opini dengan titik berat tinjauan terhadap fakta
• Uraiannya meliputi latar belakang peristiwa, sebab akibat, interpretasi, dan penjelasan fakta.
• Menyentuh perasaan
Semua itu harus masuk dalam sifat berita profil. Namun, untuk berita profil, ada titik berat tambahan, yaitu dalam menceritakan profil seseorang, kita harus menyentuh 3 aspek. Prestasi, Impian, dan Biografi.
• Prestasi : Hal-hal yang sudah dicapainya. Bersifat masa lampau. Tidak terbatas pada hal yang positif, bias juga merujuk pada masa lalu yang kelam dan negative.
• Impian : Hal-hal yang ingin dicapainya. Bersifat masa depan. Tidak hanya pada apa yang diinginkan oleh narasumber, tetapi juga pada apa yang mungkin menimpanya. Contoh : kemungkinan kesusahan hidup yang akan dihadapi oleh korban merapi.
• Biografi : Hal-hal yang berkaitan dengan data pribadinya. LAhir dimana, wajahnya seperti apa, keluarganya bagaimana. Berfungsi untuk membuat pembaca merasa lebih dekat dengan narasumber.
Seperti berita-berita lain, berita profil harus memiliki lead yang kuat. Menurut biro pendidikan majalah tempo, ada 6 lead yang cocok untuk mengawali berita profil. Yaitu : lead ringkasan, lead bercerita, lead deskriptif, lead kutipan, lead pertanyaan, dan lead menggoda. (biro pendidikan tempo, 1979:23-31)
Lead ringkasan adalah pembukaan berita profil yang mengungkapkan inti sari cerita yang akan disampaikan kepada pembaca. Misalnya :
Membuat mobil kotak sabun tidak gampang bagi Bilarut, 15 tahun, yang lumpuh selama 15 tahun.
Lead bercerita adalah pembukaan berita kisah yang menciptakan satu suasana yang sanggup menjadikan pembaca sebagai tokoh utama cerita. Contoh :
Batu-batu besar menengadah mengancam sekitar 60 m di bawah, ketika Ableh berjuntai di ujung tambang pada lereng curam, sementara angin kencang berdesir di sebelah utara puncak Merapi.
Lead deskriptif adalah pembukaan berita profil yang menciptakan gambaran dalam pemikiran pembaca tentang seorang tokoh. Misalnya :
Mata coklat dan dingin itu makin kecil seperti ketika mengamati sebuah wajah. Ia seolah-olah menmebus tempat tersembunyinya kebohongan.
Lead kutipan adalah pembukaan berita profil yang memakai kutipan dari tokoh-tokoh terkenal. Tujuannya adalah meninjau watak sang tokoh. Contoh :
“Rakyat banyak, sobat, adalah seekor binatang busa yang menakjubkan”, kata Soekarno.
Lead pertanyaan adalah pembukaan berita profil yang menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu yang dimiliki oleh pembaca. Contoh :
Adakah satu cara untuk mengalahkan Habibie?
Lead penggoda adalah pembukaan berita profil yang bermaksud mengelabui pembaca dengan cara bergurau. Misal :
Ia memilki 200 kaki. Seribu jari kaki, seratus hidung,……sebuah barisan drumband.
Setelah memiliki lead yang kuat, barulah Body bias dibentuk. Body berita profil tidak memiliki aturan khusus. Terserah penulis ingin membuat body berita seperti apa. Yang penting adalah efek dramatis dalam tulisan dapat terbentuk dari body itu.
Setelah body, masuklah kita pada penutup. Penutup berita kisah sesuai biro pendidikan Tempo adalah sebagai berikut :
• Penutup Ringkasan yaitu penutup berita profil yang mengikat ujung-ujung bagian cerita yang lepas dan menuju kembali ke lead.
• Penutup penyengat yaitu penutup berita kisah yang mengagetkan pembaca.
• Penutup klimaks, yaitu penutup yang merupakan akhir sebuah cerita yang bersifat kronologis.
• Penutup tak ada penyelesaian, yaitu penutup yang meninggalkan sebuah tanda Tanya besar untuk dijawab oleh pembaca sendiri.
That’s all!! Thx for attend here.
Pelajari dan praktekkan. Kemampuan menulis bukanlah semata dari bakat, tapi dari latihan yang terus menerus. Keep writing, and enjoy your own world.
(materi ini diambil dari buku : Penulisan berita, karangan Ana Nadhya Abrar)
posted by Muhammad Agfian Muntaha Adiantho @ 01.48  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: Muhammad Agfian Muntaha Adiantho
Home: Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Links
Powered by

BLOGGER